Belajar Secara Daring Para Siswa Tertinggal Secara Akademik, Orang Tua : Alhamdulillah Akan Sekolah Kembali

Muhammad Zikri saat diwawancarai
Muhammad Zikri kelas IV A Murid SDN 1 Karang Baru saat diwawancarai Rabu, 2 Desember 2020.

Terkini.Id, Aceh Tamiang – Menjelang awal tahun ajaran baru Tahun 2021 mendatang, sejumlah guru dan orang tua menyatakan khawatir dengan perkembangan akademik para siswa setelah diterapkannya pendidikan jarak jauh (PJJ) untuk menekan penularan Covid-19.

Mereka mengatakan, keterbatasan fasilitas pendukung hingga ketidaksiapan siswa belajar di rumah, membuat sistem itu “belum efektif”. Keadaan yang mengakibatkan capaian akademik siswa “tertinggal”.

Ada orang tua siswa yang berharap anaknya segera kembali ke sekolah, tapi ada juga yang tidak sepakat kegiatan belajar secara tatap muka diberlakukan karena alasan kesehatan.

Sementara itu, pemerintah sudah melakukan rapat agar sekolah bertatap muka berlangsung. Tak hanya itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim telah mengumumkan diperbolehkannya kegiatan belajar tatap muka.

Hal ini disampaikan Nadiem Makarim dalam konferensi pers secara daring pada umat 20 November 2020 lalu.

Nadiem Makarim menyebut kebijakan ini berdasarkan keputusan bersama empat menteri, yakni Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri.

Berdasarkan keputusan itu, Nadiem mengatakan pemerintah memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah (pemda) atau kantor wilayah kementerian agama untuk menentukan pembelajaran tatap muka.

Oleh karena itu Sekolah di kabupaten Aceh Tamiang akan segera laksanakan Sekolah Bertatap Muka dengan Syarat tetap berlakukan Protokol Kesehatan, Memakai Masker, mengecek suhu tubuh, dan Mencuci Tangan dengan sabun yang sudah disiapkan oleh sekolah.

Salah satu Murid Sekolah SDN 1 Karangbaru Muhammad Zikri kelas IV A saat diwawancarai Terkini.Id menyebutkan, Alhamdulillah Zikri sangat senang sudah sekolah bertatap muka. Bisa bertemu dengan teman-teman lagi,” kata Zikri Rabu, 2 Desember 2020.

Satu dari orang tua wali murid SDN 1 Karangbaru Rika (34) mengatakan, Alhamdulillah anak-anak bisa bersekolah bertatap muka kembali, karena selama ini belajar secara Daring,” tutur Rika.

Pantauan Terkini.Id orangtua murid sangat senang dan gembira sekian lama sudah tidak belajar secara langsung akhirnya tahun depan 2021 bisa sekolah seperti biasa.

Kepala Sekolah SD Negeri 1 Karang Baru Ramlan, S.Pd mengatakan, Syukur Alhamdulillah anak-anak Sekolah dibulan Januari Tahun 2021 Insa Allah bila tidak ada perubahan ditanggal 4 mereka mulai sekolah kembali,” ungkap Ramlan.

Ditambahnya, Walaupun anak murid sekolah ditahun depan, tetap lakukan Prokes seperti mengecek suhu tubuh, mencuci tangan yang sudah disiapkan, dan mengunakan masker,” pungkasnya.

Harapan kami semua semoga Corona Virus ini segera berakhir agar hal seperti ini tidak akan terulang kembali, harap ramlan (M.Irwan)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Gagal Memeras Kadis Perikanan, Mantan Napi Korbankan Istri Mengaku Khalwat

Kapolres Pimpin Upacara Sertijab, Ini Nama Pejabat Baru Polres Aceh Tamiang

Bea Cukai Tipe Madya Pabean C Langsa, dan Kepolisian Resor Aceh Tamiang Amankan 3,3 Juta Batang Rokok Ilegal

Selesai Dibangun, Dandim 0117/Atam Serahkan Kunci Rumah Kepada Keluarga Tidak Mampu

Jelang Ramadhan, Harga Daging Sapi Naik Rp10 Ribu di Aceh Tamiang

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar