SMKN 1 Karang Baru Aceh Tamiang sukses menjadi duta literasi di Banda Aceh

Banda Aceh
SMKN 1 Karangbaru kabupaten Aceh Tamiang meraih Juara 1 'Duta Literasi' di Banda Aceh

Terkini.Id, Banda Aceh – SMKN 1 Karang Baru Aceh Tamiang sukses menjadi duta literasi sekolah Provinsi Aceh di Banda Aceh, Selasa, 1 Desember 2020.

Pagelaran Festival Literasi Sekolah (FLS) jenjang SMK tingkat Provinsi tahun 2020 telah berakhir dan ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh diwakili koordinator pengawas SMK Drs. Marwandi, Selasa Malam di Hotel Madinatul Zahra Kabupaten Aceh Besar.

Kegiatan yang berlangsung mulai 24 November s/d 02 Desember tersebut diikuti oleh 108 siswa, yang memperlombakan 3 bidang yaitu Cipta buku Elektronik Tokoh Vokasi, Moda Vokasi Literasi Bergerak dan Sudut baca vokasi.

Dalam lomba Festival Literasi Sekolah (FLS) dari 18 kabupaten/kota diseleksi via daring dan masuk grand final 10 besar sementara sudut baca diikuti 20 peserta dan moda literasi bergerak 20 peserta buku elektronik 20 peserta.

SMK 1 Karang Baru yang masuk grand final dan berhasil juara untuk katagori sudut baca vokasi dan berlomba dengan 10 peserta  SMK lainnya dan mempresentasikan di depan juri dari tim literasi Aceh, IGI Aceh, serta juri yang berkompeten di bidang literasi.                                          

SMKN 1 Karang Baru yang mengirim perwakilannya di mata lomba Sudut Baca Vokasi sukses menyabet medali emas dalam ajang tahunan tersebut. 

Siswa SMKN 1 Karang Baru yang diwakili oleh :
1. M. Rafli Althoriq Mustafa (Siswa jurusan RPL kelas XI)
2. Muhammad Faisal (siswa kelas XII)

Mengangkat konsep Integrated and Digital System. Dimana mereka ingin mengintegrasikan antara budaya Aceh dengan media sudut baca vokasi.

Hal ini dapat dilihat dari bentuk sudut baca yang dirancang menyerupai Pinto Aceh. Mereka menamakan sudut baca tersebut dengan Petuah (Perpustakaan Pintu Aceh). Hal ini sukses menarik perhatian para juri serta seluruh peserta FLS SMK Aceh. 

Kepala SMKN 1 Karang Baru, Juliani, SP menyampaikan rasa terima kasih dan bersyukur atas perolehan juara pertama sudut baca vokasi yang diikuti oleh siswanya M. Rafli Althoriq Mustafa dan Muhammad Faisal. 

“Prestasi di bidang literasi ini menjadi momentum berharga bagi kami untuk terus membudayakan gerakan literasi di sekolah, karena pada dasarnya ajang FLS ini memang upaya dalam mengembangkan budaya literasi,” tambahnya.

Faisal Amrizal, SP selaku pembimbing merasa bangga dan  memberikan apreasiasi tinggi kepada teamwork gerakan literasi sekolah yang kontinue terus meningkatkan minat baca kepada siswa dan masyarakat Aceh Tamiang dengan pojok bacanya yang dinamakan Petuah.

“Pesan saya kepada para Duta Literasi SMK Aceh khususnya bidang Sudut Baca Vokasi agar kiranya dapat terus melanjutkan kretifitas serta inovasi – inovasi terbaru mereka, guna meningkatkan minat baca warga masyarakat baik dikalangan pemuda maupun orang dewasa.

Serta jangan berhenti untuk berkarya di tingkat provinsi saja,terus kembangkan karya karya terbaiknya sampai jenjang berikutnya hingga dapat menjadi seorang penulis buku yang profesional.

Berikutnya saya berpesan agar mereka para Duta Literasi mampu memotivasi dan mendorong generasi selanjutnya agar juga dapat berkiprah di dunia literasi,” pesannya.

Atas keberhasilannya ini, perwakilan SMK 1 Karang Baru mendapat uang pembinaan sebesar Rp 10.000.000, medali emas, piagam & sertifikat penghargaan serta disematkan selempang Duta Literasi Aceh 2020.

Acara ini ditutup oleh Kepala Dinas Pendidikan  Aceh, Drs Rahmad Fitri MPd.(**)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Kisah Inspiratif, Pedagang Juice Yang Sempat Berangkat ke Tanah Suci

Satlantas Polres Aceh Tamiang Ajak Siswa Patuhi Lalu lintas dan Protokol Kesehatan

Dirlantas Polda Aceh Bagikan Sembako kepada Penggurus Masjid Raya Baiturrahman

Dua Warga Kurang Mampu di Aceh Tamiang Dapat Bantuan Pertamini dari Kapolda Aceh

Satlantas Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Keamanan Malam Tahun Baru 2021

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar