Simulasi Penanggulangan Karhutla, Dandim Pimpin Apel Gelar Pasukan

Kesiapsiagaan TNI POLRI
Bupati Aceh Tamiang, Dandim 0117/Atam, dan Kapolres Aceh Tamiang sedang mengecek kesiapsiagaan Apel Pasukan Karhutla Rabu, 10 Maret 2021.

Terkini.Id, Aceh Tamiang – Antisipasi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Kodim 0117/Atam, Polres Aceh Tamiang, BPBD, Damkar, Satpol PP, Dishub, Dinkes, Satgas SAR, RAPI Aceh Tamiang.

Menggelar Apel Gelar Kesiapan Personil, Peralatan dan Simulasi Penanganan Kebakaran hutan dan lahan, di lapangan tribun belakang kantor Bupati Aceh Tamiang, pada Rabu, 10 Maret 2021.

Apel gelar pasukan tersebut di pimpin langsung Dandim 0117/ Atam Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita, dan yang menjadi komandan upacara Ipda Hufiza Fahmi SH.

Maksud dan tujuan apel siaga itu menggalang kesiapan serta menyatukan tekad untuk saling gotong royong dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan tahun 2021 di kabupaten Aceh Tamiang.

Menyikapi permasalahan Karhutla, Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita memaparkan bahwa Pemerintah Daerah bersama TNI dan Polri telah melakukan berbagai upaya dalam memudahkan penanganan Karhutla secara cepat dan tepat dengan menggunakan sistem aplikasi terbaru yang dinamai dengan LANCANG KUNING/ SIPONGI-KLHK.

“Aplikasi ini digunakan untuk mendekteksi titik api di daerah masing-masing, sehingga cepat dan mudah untuk melakukan penanganan, baik sosialisasi, himbauan, pemadaman dan penegakan hukum,” kata Dandim saat membacakan amanat Bupati.

Ia juga mengatakan, kebakaran hutan dan lahan akan menimbulkan kerugian negara yang sangat besar, sehingga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional.

Bukan itu saja karena adanya Karhutla, Indonesia mendapat pandangan negatif di mata dunia, asap yang ditimbulkan dari kejadian itu membawa dampak juga terhadap kesehatan masyarakat seperti penyakit ispa akibat menghirup udara yang tidak sehat.

Dalam melakukan langkah-langkah pencegahan itu perlu mempersiapkan segala kekuatan baik dari TNI, Polri, BPBD Pemda, Damkar dan Instansi lainnya beserta komponen masyarakat yang bersinergi dalam upaya pencegahan dan penindakan Karhutla di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang sehingga penanggulangan Karhutla berjalan efektif, dan hasilnya dapat di rasakan oleh masyarakat (M.Irwan)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Seluruh Personel Polres Aceh Tamiang Menerima Suntikan Vaksin Covid-19 Tahap Kedua

Beacukai Langsa Engan Ketemu Insan Pers Guna Konfirmasi Perkembangan Penangkapan Rokok Ilegal, Diduga ?

Lama Menjadi Chef, Pria Ini Pilih Berjualan Es di Pinggir Jalan

Dua Perampok ‘IRT’ di Aceh Tamiang di Tangkap Polisi

Gagal Memeras Kadis Perikanan, Mantan Napi Korbankan Istri Mengaku Khalwat

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar